Home
News
Our Brands
Curva Agency
Mantaray
Organizinc
About
Contact
Social Media
Menu
Home
Our Brand
Curva Agency
Mantaray
Organizinc
News
About
Contact
Social Media
1
—
3
2
—
3
3
—
3
Waktunya UMKM Berkembang ke Level Berikutnya
CURVA ECOLOGY , Rabu, 05 Februari 2025 16:20
Pemerintah terus mendukung ekspor oleh UMKM dengan berbagai strategi, termasuk membentuk Satgas Peningkatan Ekspor Nasional dan memberikan akses pembiayaan melalui program seperti UMi, KUR, PNM Mekaar, dan PNM Ulaam. Peran UMKM dalam perekonomian sangat signifikan, dengan kontribusi lebih dari 60 persen terhadap PDB nasional dan menyerap hampir 97 persen tenaga kerja. Saat ini, UMKM juga berkontribusi sekitar 15,7 persen terhadap ekspor nasional, dan pemerintah menargetkan pertumbuhan ekspor sebesar 9 persen dalam lima tahun ke depan. Dalam 100 hari pertama pemerintahan Presiden Prabowo Subianto, pemerintah telah menunjukkan keberpihakannya pada UMKM melalui kebijakan penghapusan utang dan tagihan, terutama di Bank BRI. Selain itu, insentif Pajak Penghasilan (PPh) Final 0,5 persen bagi UMKM dengan omzet tahunan Rp500 juta hingga Rp4,8 miliar diperpanjang. UMKM juga dilibatkan dalam berbagai program strategis pemerintah, seperti Makan Bergizi Gratis (MBG) dan pembangunan 3 juta unit perumahan, yang membuka lebih banyak peluang bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Pemerintah juga memberikan subsidi bunga hingga 5 persen untuk kredit investasi bagi UMKM di sektor padat karya, seperti tekstil, alas kaki, makanan-minuman, dan furnitur. Selain itu, peningkatan inklusi keuangan menjadi prioritas, dengan tingkat akses keuangan nasional yang telah mencapai 88,7 persen. Melalui Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor (LPEI), pemerintah menyediakan modal kerja khusus ekspor serta fasilitas Kemudahan Impor untuk Tujuan Ekspor (KITE), yang mencakup pembebasan PPN dan PPN impor bagi UMKM ekspor. Program pemberdayaan aset tidak berwujud, seperti sertifikasi tanah, HAKI, dan halal, juga terus didorong untuk membantu UMKM mendapatkan akses ke layanan keuangan formal. Selain itu, inisiatif seperti Bangga Buatan Indonesia (BBI), PaDi UMKM, dan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) akan terus diperkuat guna meningkatkan permintaan produk UMKM domestik, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri. Sumber: Indonesia.go.id